Saturday, June 16, 2012

Taman Lalu Lintas: 2 in 1

Masih ingat curhatan cerita saya ingin jalan-jalan berkeliling kota di postingan sebelumnya? Seperti yang satu ini, kebanyakan memang terlaksana atas kepentingan tugas kuliah :")

gerbang masuk, source

tiket masuk

Taman Lalu Lintas dibangun/didirikan oleh perkumpulan BKLL (Badan Keamanan Lalu Lintas) Cabang Bandung dari tanggal 21 Maret 1956 s.d awal tahun 1958 (±2 tahun). Taman Lalu Lintas diresmikan dan dibuka untuk masyarakat umum pada tanggal 1 Maret 1958 (54 tahun yang lalu). Ternyata sudah cukup lama ya keberadaan taman ini. Kemudian, pada tahun 1965 Taman Lalu Lintas ini diberi nama Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution sesuai dengan tujuannya untuk anak-anak. Sebagai tambahan sejumlah wahana permainan anak (14 diantaranya dikenakan tiket berbayar) disediakan untuk pengunjung.

rambu-rambu

wahana permainan anak, source

komidi putar, source

KOMOR (Kereta Motor)

Bagi anda yang sudah bukan anak-anak lagi jangan takut akan merasa bosan berada di Taman Lalu Lintas karena tempatnya asik kok buat foto-foto ataupun piknik keluarga karena di sini disediakan tikar secara GRATIS. Juga ada hiburan live music di tengah panggung.

live musik

Saat saya berada di sana live band yang tampil dari sekumpulan orang difabel. Tanpa saya duga ada vokalis yang suaranya bagus mirip Sammy Kerispatih, iseng saya ambil videonya. Hal ini membuat saya berpikir benar bahwa setiap manusia memiliki kekurangan, namun dibalik kelemahan tersebut pasti tersimpan sesuatu yang besar dan dapat dibanggakan :)


Jika ingin berkeliling taman anda bisa naik kereta seperti di bawah ini, saya lupa berapa harga tiketnya

pic source

Untuk lebih jelasnya lokasi Taman Lalu Lintas di Bandung bisa lihat di peta berikut

peta lokasi Taman Lalu Lintas, source

Kehadiran Taman Lalu Lintas merupakan kebanggaan masyarakat Bandung Indonesia. Karena, waktu itu bahkan hingga puluhan tahun kemudian, Taman Lalu Lintas Bandung bukan saja yang pertama, namun juga satu-satunya di Indonesia, sampai dengan sebelum tahun 2000-an.

Misi:
1. Taman lalu Lintas sebagai tempat Penyuluhan & Pendidikan Keamanan Lalu Lintas (PPKLL)
2. Taman Lalu Lintas sebagai taman kota, taman pepohonan dan taman lingkungan hidup Kota Bandung.
3. Taman Lalu Lintas sebagai taman rekreasi untuk anak-anak usia dibawah 13 tahun.

Dengan mengemban visi dan misi ini kemudian motto “Bermain sambil Belajar” motto ini pula yang menegaskan akan peran dan fungsi Taman yang nyaman rindang dengan pepohonan, memiliki area rekreasi dan permainan anak-anak, sekaligus dilengkapi dengan sarana belajar dengan adanya billboard/papan penerangan tentang rambu-rambu lalu lintas.
Namun sayang saat saya berkunjung lampu rambu lalu lintas di sana tidak ada yang menyala. Padahal teman saya yang orang Bandung bercerita ketika ia masih kecil sering berkunjung ke taman lalu lintas dan lampu serta rambu berfungsi sebagaimana mestinya. Akibatnya Taman Lalu Lintas seolah hanya menjadi taman rekreasi saja. Bukankah ini berkebalikan dengan tujuan utama pendiriannya? Ketika dikonfirmasi kepada Kepala Bagian Sarana dan Prasarana mengatakan sedang ada perbaikan sehingga semua lampu dimatikan sementara. Jika pembaca ada yang tahu sejak kapan lampu tsb mati silakan berikan tanggapan di kotak komentar :)
Oya satu hal yang menarik karena lokasi taman ini cukup dekat dengan bandara seringkali ada pesawat komersil terbang rendah melintas di atas kepala kita :D


Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution
Jl. Belitung No. 1 Bandung, Telp: 022-4201667
Senin-Kamis, Sabtu 08.00-15.00 WIB, HTM: Rp 5000
Minggu & Hari Libur, 08.00-16.00 WIB, HTM: Rp 6000
Jumat TUTUP kecuali LIBUR NASIONAL
more info http://www.tamanlalulintas-bandung.com

2 comments:

  1. taman yang menarik yah!


    Pejuang diskon hingga 80%

    https://shopee.co.id/pc_event/?smtt=201.3467&url=https%3A%2F%2Fshopee.co.id%2Fevents3%2Fcode%2F248975906%2F%3Fsmtt%3D201.3467

    ReplyDelete