Friday, February 17, 2012

Pertimbangan Jurusan Kuliah

Well..well..resolusi tahun 2012 yg di antaranya mau rajin ngeblog belom apa2 udah terlantar hehe. Baiklah berhubung waktu saya lagi ga banyak karena ntar malem mau ada dinner sekaligus brainstorming sama anak2 perhimak unpad. Langsung aja ya saya pengen berbagi sedikit tentang KULIAH!

Mungkin ada beberapa yg pengen tau apa sih sebenernya alasan saya ngambil jurusan ini. Kenapa harus komunikasi? Kenapa milihnya Unpad? Seperti yg udah pernah saya sebutkan di postingan sebelumnya Undangan Vs Tertulis alhamdulillah saya lolos ke kampus ini lewat jalur snmptn undangan di pilihan pertama. Fikom Unpad saya pilih dari hasil tanya dan googling sana-sini. Menurut info yang saya dapat Ilmu Komunikasi Unpad itu yang terdepan diantara PTN lain. Saya bisa dibilang beruntung! Karena dari data web snmptn terbaru ternyata yang mendaftar ilkom unpad lewat snmptn (undangan & tertulis) totalnya 7ribu sekian......Subhanallah :D

Dan memilih kuliah bukan perkara asal2an karena dampaknya akan terasa selama menempuh kuliah itu sendiri sampai ketika kita lulus kuliah...mencari pekerjaan..seterusnya....dan seterusnya, bisa saya simpulkan selama masa hidup.
Lalu kenapa saya memilih komunikasi? Jawabannya bakat dan minat :) Minat saya sedari dulu memang masih pada dunia yang sama = linguistik. Masih ada dalam ingatan saya ketika SMP dulu ditanya cita2 mau jadi apa, saya jawab dengan mantap: JURNALIS. Semakin lama ketertarikan saya bertambah juga ternyata pada dunia media, fotografi, sosial, film, dan saya juga suka mengkonsep suatu event. Syukur ternyata minat saya sejalan dengan hadiah dari Tuhan, berupa bakat. Dari beberapa tes bakat yang pernah saya ikuti hasilnya ya ga jauh2 dari bahasa dan kawan2nya. Sempat bingung juga seperti anak2 SMA akhir tahun pada umumnya. Apakah fakultas ekonomi, sastra, hukum, atau ilmu sosial? Dan Tuhan menjawab dengan fikomlah tempat paling cocok untuk saya :) karena apa yang dipelajari di fikom merupakan komposisi yang pas atau perpaduan yang ciamik dari bakat minat saya di atas hehe.

Jadi ketika mendaftar pertama kali alhamdulillah langsung diterima di komunikasi unpad. Sebenarnya saya juga sempat iseng mencoba mendaftar di "luar" dgn mengambil major economics and taxation, namun sepertinya memang jodoh saya dgn fikom. Akhirnya sayapun mantap hijrah utk mengembangkan diri di sini :)

Oya buat kamu2 yang akan melanjutkan ke jenjang kuliah mungkin masih ada yang bingung ya..jadi kurang lebih menurut saya yang harus dipertimbangkan itu:
1. Minat
Percaya deh belajar apapun akan terasa lebih mudah ketika kamu menyukainya.
2. Kemampuan
Kemampuan disini dalam artian otak dan dompet. Tapi tetep harus optimis dong..bisa ikut bimbingan atau belajar intensif sendiri, masih ada waktu untuk mempoles sampai hari H. Untuk masalah biaya juga ga perlu khawatir karena sekarang ada banyak kok beasiswa untuk orang2 yang mau berusaha. Sering2 aja cari info biar ga ketinggalan, ok?
3. Restu ortu
Nah ini yang paling penting karena dengan restu ortu insya Allah jalanmu akan lebih mudah. Kalopun apa yang kamu inginkan dengan kemauan ortu berbeda coba deh dirundingankan dulu baik2 supaya bisa tau pendapat masing2. Ingat bahwa ga ada ortu yang mau menyulitkan anaknya kan. Siapa tau ortu yang jelas lebih berpengalaman lebih tau yang terbaik buat kamu. Nah jika masih susah juga untuk menyamakan pilihan, mungkin kamu kurang memberikan pengertian kepada mereka tentang pilihanmu. Ayo jangan nyerah!
4. Prospek kerja
Oya di jaman sekarang ini nyatanya banyak sarjana yang pekerjaannya tidak berhubungan dengan gelar yang didapat lho. Jadi insya Allah rejeki itu udah ada yang ngatur kok tentu saja tergantung dari usaha individu itu sendiri :)


Btw semester 3 nanti saya harus memilih konsentrasi. Sebenarnya saya mau belajar semua! :p Karena jujur aja belajar komunikasi itu mengasikkan. Antara Jurnalistik, Public Relation, atau Manajemen Komunikasi mana yang harus saya pilih ya? Apa saya harus ikut tes bakat dan minat lagi? Hehe.. Atau ada masukan? :)

No comments:

Post a Comment