Friday, August 24, 2012

Jogja 1 Hari

Travelling post! Meskipun sudah berkali-kali main ke Jogja tapi tetep aja ada hal baru yang bisa dieksplore. Jogja memang kota yang atraktif; mulai dari budaya dan seni hingga kulinernya. Dengan menempuh kurang lebih tiga jam perjalanan darat dari rumah di Kebumen, tanpa macet dan polusi udara yang berlebihan, maka sampailah saya di Kota Pelajar.

Propaganda Festival Jogja 2012, sayang sekali saya tidak sempat mampir 

jalanan Jogja

Satu hal yang perlu dicoba saat tiba di Jogja, naik becak. Ya Jogja dikenal sebagai kota yang masih kental nilai-nilai tradisionalnya. Becak dan andong (dokar) dapat ditemui dimana-mana. Dua kali saya naik becak di Jogja alhamdulillah selalu mendapat pengalaman baru yang menyenangkan. Tukang becaknya juga informatif, anggap saja sekalian kita mendapat tour guide hehe.

salah satu butik batik

kaligrafi batik

wayang batik

lukisan batik

Saat naik becak di Jogja kita juga bisa meminta untuk diantarkan ke tempat-tempat tertentu seperti toko kerajinan, butik batik, toko oleh-oleh dll. Biasanya sudah ada perjanjian antara tukang becak dengan toko yang bersangkutan.

Jogja juga terkenal dengan muralnya

loket keraton

 Sebuah tempat wisata yang sudah sering saya lihat meskipun hanya numpang lewat ataupun numpang parkir hehe. Keraton Jogja. Saya lupa harga tiketnya, kalo gak salah Rp 6000,- (hari Jumat) plus Rp 1000,- untuk photo permit atau Rp 2000,- untuk video permit.

My sister mom and I








maket kraton

Spot me? :p

Upacara Agung Perkawinan Putri

maaf fotonya jelek karena diambil dari luar kaca

Upacara Chitanan (?) mungkin salah tulis seharusnya khitanan CMIIW

Upacara Tetesan 
Biasa dilakukan pada putri raja berumur 7 tahun, semacam sunatan menginjak dewasa

relief di dinding kraton

toko suvenir di area kraton
Sayangnya area yang bisa kita kunjungi terbatas, sejujurnya saya belum terpuaskan dengan Keraton Jogja yang “cuma gitu-gitu” aja. 




Sembari menunggu ayah dan adik Jumatan, saya dan ibu jalan-jalan, belanja, dan ngemil.
Seriously, Dyah? Makan bakso dibilang ngemil?? Haha, alasannya karena porsinya yang sedikit dan saya masih lapaaaar hehe.


Tapi saya harus beritahu Anda satu hal: siapkan uang lebih untuk parkir. Kami bayar parkir di Malioboro Mall Rp 10.000,- padahal hanya parkir selama satu jam. Memang sih kami beruntung menemukan slot parkir yang tinggal satu itu. Biarlah menjadi rejeki untuk tukang parkirnya :”)
Di perjalanan pulang kami mampir di Rest Area dan Resto Ambar Ketawang yang merupakan favorit kami karena 3 pulau sekaligus terlampaui; isi bensin, solat, dan tentu saja isi bensin perut alias MAKAN haha. Juga karena makanannya enak dan banyak pilihan, serta harganya terjangkau.

gudeg lengkap

 Long time no seeee, gudeg! Nah selagi nulis ini saya lapar lagi haha.




Random: adik saya tiba-tiba datang terus cerita kalo dia udah pernah main laptop di seisi rumah; tak terlewatkan kamar mandi, jemuran, dapur, dan garasi -_-
Jadi sudahkah Anda datang ke Jogja? Atau ada saran tempat yang wajib dikunjungi bila berkunjung ke Jogja? Beritahu saya di kotak komentar :)


ps: bagusan mana gambar yang lebih besar sekarang atau yang sebelumnya? hehe

No comments:

Post a Comment