Friday, June 22, 2012

Ada Susu di Sotoku

Sebagai penduduk Indonesia anda pasti tau yang namanya soto. Yap bener, makanan yang isinya macem-macem terus disiram kuah panas ini merupakan makanan khas Indonesia. Di sini kita akan mudah untuk menemukan soto, apalagi di Pulau Jawa.
Soto juga jadi salah satu makanan favorit saya. Apalagi saat dingin hujan-hujan. Duh, jadi pengin nih :X I remember once when I was sick mother made me soto, and tadaa the sick went away LOL

Nah berikut ini macam-macam jenis soto yang umum kita temui, selamat membaca dan selamat ngiler :p

Soto Solo
Soto di Solo menggunakan mangkok kecil, terkesan cair karena banyak air. Isinya sedikit, pakai nasi, cenderung segar dan ringan.  Lebih segar  dengan menambahkan jeruk nipis, sambal yang digunakan adalah sambal seperti sambal di bakso

Soto Banyumas
Kalau di Banyumas, kebalikan dari Solo yang disajikan dengan mangkok besar. Isiannya tetelan dan touge. Isinya banyak jadi terkesan kental, pakai ketupat. Sambal yang dipakai adalah sambal kacang, cenderung gurih dan berat, tidak dikenal penambahan jeruk nipis

Coto Makassar
Makanan ini terbuat dari jeroan (isi perut) sapi yang direbus dalam waktu lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus. Coto dihidangkan dalam mangkuk dan dimakan dengan ketupat dan "burasa".

Soto Madura
Ciri khas soto ini memiliki campuran isi yang banyak dibandingkan soto lainnya. seperti soun atau bihun, irisan kol, touge, telur rebus dan ayam.

Soto Surabaya
Kekhasan soto Surabaya dengan adanya penambahan koya kelapa tumbuk dalam kuah. Ini membuat  kuah soto ini agak keruh dan sedikit gelap. Meski begitu, gurihnya koya bercampur satu dengan kuah, hasilnya cita rasa kuah pun menjadi lezat. Isi campuran soto ini tak jauh berbeda dengan soto Madura

Soto Kudus
Soto  Kudus biasanya disajikan dalam mangkuk ukuran kecil dan bersama sendok bebek. Soto ini terdiri dari dua pilihan yaitu soto ayam dan soto daging.

Soto Banjar
Soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan, ini akan pas jika dinikmati bersama teman setianya yaitu perkedel kentang. Meski kuah soto berwarna bening, rasa rempahnya sangat terasa. Apalagi jika dihidangkan saat panas, aroma khasnya akan keluar meski belum dicicipi.

Soto  Betawi
Soto Betawi, masih mirip soto Solo, namun beda diisinya yang lebih banyak dan mangkoknya besar. Ada juga yang pakai kuah santan. Isian biasanya lebih sering menggunakan daging sapi, jeroan, dan kaki sapi. Sebagai pelengkap rasa ditambahkan acar, sambal dan emping. 
(source from Ghiboo.com)








Soto kuah santan? Ah itu sih udah biasa. Kalo soto pake kuah susu udah pernah nyobain?
Nah kali ini wisata kuliner saya nyobain makanan yang agak aneh (baca: tdk biasa) hehe.







soto susu ayam

Maaf saya lupa harga pastinya berapa -_- yang jelas di antara Rp 7.000-Rp 9.000. Rasanya seger dan asem-asem gitu perpaduan campuran susu sama tomat. Isian sotonya ada nasi, bihun, tomat, kol, seledri, bawang goreng, terus di atasnya dikasih emping. Pilihan dagingnya ada ayam atau babat. Nasinya bisa minta dicampur atau dipisahin. So far yang ini lebih "ada rasanya" ketimbang Soto Sapi Padang. Soto susu ini bisa ditemuin di Pujasera lantai dua seberang Warung Makan Haryanti Jalan Raya Jatinangor, tepat setelah pertigaan gerbang lama Unpad Jatinangor kalo jalan dari arah Tanjungsari Sumedang. Pertama kali masuk kirain tutup soalnya sepi, yang makan di situ cuma geng saya aja. Tapi pas kita makan ada orang lain makan di situ juga.

No comments:

Post a Comment