Friday, January 20, 2012

SNMPTN Undangan vs Tertulis

Kata anak tertulis
"Kalo gue pribadi bakalan lebih bangga lewat jalur tertulis daripada undangan. Kalo undangan itu kan diliat dari nilai rapot lo semester 1-5, nah nilai rapot kan gak murni, bisa aja UAS nyontek, UTS nyontek, dll. Kalo tertulis tuh... ngerjain sendiri, abis itu ada perjuangannya dateng pagi2 ke sekolah tempat test SNMTPN. pokoknya perjuangan banget deh"


Kata anak undangan
"Lebih bangga undangan lah, logisnya usaha lu selama sekolah dari semester 1-5 terbayar dengan masuk PTN secara cuma2 tanpa tes tanpa mikir. Kita udah seneng2, tmn2 yg lain msh sibuk nyari PTN"


Kata gue...
Udah ada jalannya masing2, yang rapotnya bagus -entah murni atau hasil penyucian- (kalo ga percaya bisa googling beritanya) dapet lewat undangan. Yang hasil tesnya bagus ya dapet lewat tertulis. Yang duitnya banyak bisa lewat ujian mandiri ataupun swadana, sebaliknya yang kurang mampu dlm hal finansial bisa lewat bidikmisi. Tuh Tuhan aja Mahaadil, masa PTN ngga?? Apapun jalurnya yg penting itu JUJUR, ga perlu deh cuci2 nilai segala. Bonusnya ya kalo bisa ga ngeberatin ortu syukur2 dapet beasiswa. Inget ya yang namanya kebiasaan korupsi itu dimulai dari dini coy!

Toh pada akhirnya mau masuk darimanapun ujung2nya akan berada di wadah yg sama. Kuliah itu keras, pada akhirnya siapa yang mampu melewati seleksi alam di belantara perkuliahanlah yang bakal bertahan. Ntar juga bakal keliatan to.

Oya buat adek2 kelas di smansa kbm jangan harap nilai bakal dibagus2in demi undangan. Angkatan gue sama bawahnya dan bawahnya lagi minta remed nilai semester 2 aja ga dikasih! Tapi jangan khawatir karena nama sekolah kita cukup dipertimbangkan kok dimata PTN :)

Terakhir, buat yg berkesempatan mencoba undangan saran gue dipikirin bener2 pilihan jurusannya trus jangan terlalu berharap banget. Takutnya kalo ga lolos bakal down dan belum siap menghadapi tertulisnya yang udah di depan mata. Lebih baik siap2 aja buat hal terburuk yaitu belom jodoh di undangan dengan berusaha+berdoa mati2an buat snmptn tertulis. "Lebih baik mencegah daripada mengobati" tul? Ada yg bilang snmptn undangan itu ibarat kata dapet undangan ke suatu pesta, udah seneng2 dan siap mau pergi, eh ternyata itu pesta cuma buat kalangan terbatas.
Udah deh segitu aja wejangan dari gue.

p/s: bukannya mau nyombong yah, tapi buat perbandingan aja. IP gue yang notabene anak undangan gak kalah saing sama anak tertulis kok. Mudah2an bisa cumlaude terus sampe lulus, Aamiin O:-) Jadi pinter2 setiap orang menyikapinya aja deh.



Peace,
D

No comments:

Post a Comment